Career Development on Social Activity Perspective

GCS
GUIDANCE AND COUNSELING SOCIAL

Akhir akhir ini banyak kita mendengar CSR/Campus Sosial Responsibility, lalau apakah ada yang salah???
Tidak!! justru sebelum program Dinas Sosial itu ada di Perguruan tinggi Konsep GCS Sudah saya terapkan.

Apakah GCS? Guidance and Counseling Sosial Merupakan kegiatan komunitas di bawah naungan BK. Biasanya saya mengajak Siswa/Mahasiswa jika di perguruan tinggi yang ikut di GCS saya ajak berinteraksi di Pondok Sosial ( tempat Anak anak Jalanan yang di jaring satpol pp dan di rehabilitasi dalam Pondok Sosial), saya ajak ke Panti Panti Sosial, saya ajak ke komunitas komunitas, saya ajak ke Kegiatan Disabilitas ( Tunanetra, Tunarungu,Tunadaksa,dsb), saya ajak jadi panitia kegiatan Sosial, saya ajak ke kegiatan ABK (Anak berkebutuhan khusus dan lain sebagainya.

Lalu apa tujuan saya mengajak mereka ikut di kegiatan kegiatan seperti itu???

Saaaangattt banyak sekali manfaatnya, sebagai penguatan penanaman Empaty Simpati, Menumbuhkan kepekaan sosial, melatih Mental, melatih kepekaan dengan hal baru bagi mereka, melatih mereka berjejaring dan berelasi, melatih mereka nilai nilai tanggung jawab dan kepedulian, menumbuhkan semangat jiwa sosial menjadi relawan muda, mengajarkan cara berkomunikasi secara riil tidak hanya teori dan masihhhh banyak sekali manfaatnya.

Pengembangan yang bisa kita lakukan sesungguhnya sangat banyak sekali, hanya saja kadang kita selalu menilai terlaku sederhana yang kita lakukan.

Apa yang menurut anda sederhana, bisa jadi sangat luar bisa bagi orang di luar sana. karna itu saya percaya, khususnya Bapak Ibu Guru Konselor sekolah, para mahasiswa calon kader muda konselor Indonesia, saya yakin dan percaya banyak sekali Ide ide gagasan dan Inovasinya.

Maka, tuangkanlah Bapak Ibu Guru, anda semua luar biasa. tahukah berapa banyak buku andai anda menuangkan pengalaman anda menjadi guru berpuluh puluh tahun? bagi anda itu biasa, bagi kami mungkin anda adalah sosok istimewa…

Begitupula adik adik mahasiswa, banyak yang sangat berpotensional, tapi sayang kadang hanya sedikit yang merangkul dan mengkaryakan. teruskan berkarya adik adik calon konselor muda luar biasa masa depan.
Berbagi, Mengabdi dengan cara saling Menginspirasi.

Berkarya dan teruslah berkarya…
Salam Istimewa Konselor Nusantara Indonesia

1 thought on “Career Development on Social Activity Perspective

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *